Posted by: fxmuchtar | June 30, 2007

Membaca basmalah dalam shalat

53.jpg

Masalah fiqih dalam basmalah

Apakah Basmalah itu ayat atau bukan ? Para ulama berbeda pendapat dalam hal ini diantaranya:

1. Imam Malik berpendapat Basmalah bukan termasuk ayat dalam Al Qur’an, baik dalam surat al fatihah maupun dalam surat lainnya.

2. Abdullah bin Mubarok berpendapat “Basmalah merupakan ayat dalam setiap surat kecuali surat At Taubah. Pendapat ini sama dengan paham Ahlul Bait dan Ahmadiyah.

3. Imam Syafi’i berpendapat bahwa “basmalah” merupakan ayat dalam surat Al Fatihah saja dan bukan pada surat-surat selainnya.

4. Imam Hanafi berpendapat bahwa “basmalah” adalah ayat dalam surat Al Fatihah dan ayat mustaqillah pada surat-surat lainnya kecuali dalam surat At-Taubah. Maksudnya basmalah dianggap sebagai ayat dalam setiap surat Al-Qur’an selain surat At-Taubah namun tidak dihitung jumlah ayat.

Dalil Imam Syafi’i, hadits yang diriwayatkan oleh Darruqutni dari Abu Bakar al Hanafi, dari Abdul Hamid bin Ja’far, dari Nuh bin Bilal dari Sa’id bin Abi Said Al Maqburi dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

“إذا قرأتم الحمد لله رب العالمين فاقرؤوا بسم الله الرحمن الريم أنها أم القران وأم الكتاب والسبع المثانى”

Artinya : jika kamu sekalian membaca Al hamdulillah Robbil Aa’lamiin, maka bacalah Bismillahirrohmaanirrohiim, sesungguhnya Al Fatihah itu adalah Ummul Al Qur’an (induknya Alqur’an), Ummul Kitab (induknya Kitab) dan Al Sab’ul Matsâni (Tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang).

Imam Abdullah Bin Mubarak dalilnya, sebagaimana yang diriwayatkan Muslim hadits dari Anas berkata: Ketika itu Rasulullah SAW duduk bersama kami kemudian beliau menengadahkan kepalanya keatas sambil tersenyum; Anas bertanya : Apa yang membuat engkau tersenyum? Beliau bersabda: telah turun kepadaku surat, kemudian Ia membacakannya “بسم الله الرحمن الرحيم : إنا اعطينك الكوثر …. الخ

Imam Malik berkata: Al Qur’an tidak kuat/benar kalau berdasar pada khabar ahad (hadits) melainkan dengan hadits yang mutawatir yang tidak ada perbedaan pendapat di dalamnya. (Jami’ Ahkaam: Al Qurtubi juz 1).

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: